Mempelajari Fiberglass atau Kaca serat (Bahasa Inggris: fiberglass) atau sering diterjemahkan menjadi serat gelas adalah
kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis dengan garis tengah sekitar
0,005 mm – 0,01 mm. Serat ini dapat dipintal menjadi benang atau ditenun
menjadi kain, yang kemudian diresapi dengan resin sehingga menjadi
bahan yang kuat dan tahan korosi untuk digunakan sebagai badan mobil dan
bangunan kapal. Dia juga digunakan sebagai agen penguat untuk banyak
produk plastik; material komposit yang dihasilkan dikenal sebagai
plastik diperkuat-gelas (glass-reinforced plastic, GRP) atau epoxy diperkuat glass-fiber (GRE), disebut “fiberglass” dalam penggunaan umumnya.
Pembuat
gelas dalam sejarahnya telah mencoba banyak eksperimen dengan gelas
giber, tetapi produksi masal dari fiberglass hanya dimungkinkan setelah
majunya mesin. Pada 1893, Edward Drummond Libbey memajang sebuah pakaian
di World Columbian Exposition menggunakan glass fiber dengan diameter
dan tekstur fiber sutra. Yang sekarang ini dikenal sebagai “fiberglass”,
diciptakan pada 1938 oleh Russell Games Slayter dari Owens-Corning
sebagai sebuah material yang digunakan sebagai insulasi. Dia dipasarkan dibawah merk dagang Fiberglas (sic), lihat juga merk dagang yang menjadi generik.
Siapa
pengen punya motor impian dengan desain body sesuai idaman kita? Atau
pengen mewujudkan ide-ide liar bentuk body motor? Bisa aja semua itu
diwujudkan… Bikin aja body motor hand made berbahan fiberglass.Sebelum
liburan emang udah kurencanain libur 2 bulan lebih itu bakal kuiisi
buat modif motor, salah satu rentetan modif itu ya coba-coba bikin body
dari fiberglass. Sebelum liburpun aku udah mencari-cari referensi dari
berbagai sumber baik dari tumpukan ratusan edisi tabloid koleksiku,
antara lain Motor Plus, Ototren, Otoplus, maupun dari ubek-ubek
internet. Mulai dari cari tau bahan-bahannya, cara mengaplikasikannya,
gimana bikin cetakannya, sampai dimana tempat beli bahan-bahannya di
sekitar daerahku.
Belanja ini itu ternyata cuma abis dikit sekitar 100 ribuan. Buat bahan-bahan yang aku pake yaitu:
1. Resin. Ini buat bahan utamanya, ibarat bikin beton resin itu kayak semennya. Berbentuk cair warna merah.
2. Mat. Kalo yang ini yang bentuknya serat-serat putih itu loh…
3. Katalis. Ini bahan campuran resin yang berfungsi memperkeras resin.
4. Talk. Tugasnya ngebikin hasil akhir lebih keras dan kaku.
Setelah cetakan terbentuk, langsung ke proses eksekusi. Tutupin bagian
motor yang sekiranya bakal ketetsan resin pake kertas bekas. Bahaya nih
kalo sampe nempel ke bagian motor lain bakalan susah banget diilangin
bahkan mesti digerinda loh! Makanya mesti ati-ati banget biar tetep
aman…
Kalo
udah, siapin bahan-bahan yang tadi udah disebutin ditambah alat-alat
pendukung lain kayak kuas, gelas air mineral, pengaduk, dan kalo perlu
sarung tangan buat ngehindarin gatelnya mat fiber. Racik bahan-bahan
itu. Komposisinya setengah gelas resin ditambah talk kira-kira
perbandingan 1:1. Diaduk-aduk trus ditambahin lagi katalis sekitar 10-12
tetes. Jangan kebanyakan katalis karena bisa kecepetan kerasny tuh
adonan. Aduk lagi deh ampe rata.
Mari membuat lapisan pertama. Pastikan permukaan bersih. Kalo perlu bisa
ditambahin/dilapisin Mirror Glaze Mold Release biar ntar gampang
dilepasnya tuh cetakan. Tapi kalo gak pun its okay…
Olesin adonan “bubur” tadi pake kuas di cetakan body. Kamu punya waktu
kira-kira 30 menit sebelum adonan itu keras. Tapi nyante ajayang penting
rapi dan rata. Setelah 1 lapis selesai, biarin dulu 10 menit sampe agak
kering dikit terus ditempelelin tuh matnya cukup 1 lapis tiap bagian.
Setelah semua dilapisin mat, olesin lagi pake adonan resin tadi. Tunggu 1
lapisan ini agak kering.
Buat lapisan kedua dan seterusnya adonan yang dipake cukup resin +
katalis aja karena kalo pake talk lagi, hasil akhirnya bakal terlalu
berat. Lagian Lapisan pertama yang pake talk itu udah cukup buat semacam
“pondasi”. Nah karena udah ada pondasinya, lapisan berikut cukup
dilapis batu bata dan semen, eh maksudnya mat dan resin+katalis. Buat
komposisi tetep sama, setengah gelas resin ditambah 10-12 tetes katalis.
Langsung aja lapisan kedua dibikin. Tampelin mat merata ke semua sisi.
Olesin lagi pake adonan resin+katalis sampe merata. Kita bisa bikin
sampai kira-kira 3 lapis mat. Gak terlalu tebal tapi udah cukup kuat.
Tunggu sampai semua bener-bener kering sekitar 6-8 jam. Lalu pisahin
dari cetakan deh. Gimana hasilnya?
cra 1 lagi gan..
Cara ngebuat Fiberglass dan formulanya
Selama ini, gw cuma bisa menikmati barang-barang dari Fiberglass tapi ga
pernah tau cara buatnya. Nah, setelah ubek-ubek dan surfing banyak
banget dari beberapa forum dalam dan luar, gw kumpulin aja jadi satu
seluruh formula-nya. Semoga membantu…
Tapi
jangan nanya gw yak soal prakteknya… Soalnya gw juga lagi nyoba-nyoba
sendiri nih. Ntar kalo ada informasi lagi, gw update pastinya.
For foreign, if you want to ask about these tutorial, i will translate it to english for you….
Bahan :Resin (bahan dasar)Katalis (pengeras…)Matt (Serat kaca)Gel (pembatas cetakan)Talc (agar campurn resin menjadi kental seperti plastic)Silicon RVT (buat cetakan duplikasi)Carbon Cloth / Fiberglass ClothMirror Glazer (agar resin tidak menempel) atau Vaselin (non cosmetic)
Meguair (ga tau gunanya)
Ada beberapa cara :1. Resin + Katalis = mudah pecah2. Fiberglass Cloth + Resin + Katalis
3. Resin + talk + Katalis = Kuat
Perbandingan campuran.
Resin : Katalis = 1 liter : 10cc (0,01 L)
Cara buat cetakanFiber.Kekurangan : sulit membentuk sudut2 tajam.Kelebihan : murah dan mudah
Saran : Ini untuk membuat beberapa hasil jadi yang disambung menggunakan mur dan baut (atau per pieces)
RubberKekurangan : Harga mahal, mudah sobek
Kelebihan : mudah membentuk sudut2 tajam
Karton / KardusKekurangan : Tidak kaku alias mudah mleot.
Kelebihan : sangat mudah dibuat, sangat murah, trus dapat menggunakan kawat nyamuk serta dempul.
Tanah Liat
Option terakhir karena sulit mencarinya, tapi jauh lebih mudah ngebentuknya.
Untuk membuat sebuah master, membuatnya dapat dengan bahan-bahan
tersebut di atas. Jika memiliki produk jadi dan ingin dibuat master,
produk jadi tersebut di tutup menggunakan stiker atau selotape kertas
yang lalu di lapisi dengan Mirror Glaze agar bahan fiber dalam bentuk
resin tidak menempel.
Design Bak Fiber : UDIN ( Tukang Koi )
Work Shop : Queen Fiber ( Cipaku-Bogor )
Bermula dengan berkembangnya kegiatan dalam memelihara ikan koi, banyak
muncul permasalahan yang dirasakan oleh para penghobi ikan koi, mulai
dari pembuatan kolam system filter, kolam karantina dan sampai
keterbatasan lahan yang dimiliki oleh penghobi itu sendiri.
Kolam fiber banyak sekali manfaatnya untuk kegiatan memelihara ikan koi al:
- Karantina ikan untuk pengobatan ikan
- karantina ikan untuk persiapan lomba
- Pemijahan ikan koi
- Penetasan telur ikan koi
- Pembesaran ikan koi untuk ukuran kecil
- Pengukuran ikan koi
- Untuk kegiatan pameran atau jualan ikan koi
Dengan adanya kebutuhan fasilitas untuk ikan koi, maka tahun 2006 kami
mulai merancang kolam fiber dan ingin berbagi kepada penghobi khususnya
mengenai merancang kolam koi dari bahan fiber serta proses pembuatannya.
MERANCANG KOLAM
Dalam merancang kolam yang harus diperhatikan adalah :- Dimensi kolam- System filter
- Instalasi pipa inlet dan outlet
Pembuatan Cetakan Moulding
Membuat cetakan bak fiber yaitu menggunakan bahan dari kayu dan triplek
melamin, kemudian dibentuk sesuai dengan gambar yang kita design.
Setelah kebentuk cetakan kemudian difinishing pada bagian-bagian yang
kasar sampai halus.
Hasil Cetakan Fiber
Terlihat pada gambar hasil cetakan yang masih kasar, dan belum dipotong bagian-bagian luar dari bak fiber.
Pemasangan Sistem Filter
Selanjutnya pemasangan sekat-sekat untuk sistem filter sesuai dengan rancangan pada gambar rencana.
Tutup Filter
Tutup filter dibuat untuk menutupi bagian dari sistem filter agar kolam terlihat rapi dan indah.
Sistem Filter
Sistem filter dengan menggunakan sistem Up and Down , maksudnya semua
kotoran yang dibawa oleh air tertahan dibagian bawah media filter.
Inlet dan Outlet
Inlet dan outlet dibuat dengan maksud untuk sirkulasi air yang masuk
kedalam kolam dan air yang masuk kedalam sistem filter. Inlet digunakan
untuk memasukan air kekolam dengan menggunakan pompa, sedangkan Outlet
digunakan untuk saluran air dan kotoran yang ada dikolam dapat masuk
kedalam sistem filter.
Saluran Pembuangan
Saluran buang dibuat untuk membuang air kotor yang tertahan oleh media
filter, setiap kotak filter terdapat masing-masing saluran pembuangan.
Penahan Media
Penahan media Filter berguna untuk menahan media agar tidak jatuh sampai
dasar kolam, jadi pada bagian bawah media filter hanya berisi
kotoran-kotoran yang dikeluarkan oleh ikan koi.
Finishing Fiber
Setelah bak fiber sudah terbentuk sebuah kolam dengan sistem filter
kemudian dirapihkan pada bagian-bagian yang kasar dengan menggunakan
amplas dan selanjutnya pengerjaan pengecatan pada bagian luar bak fiber
Bak Fiber sudah finish
Bak
Fiber yang sudah jadi kemudian diberi Label dan siap dikirim ke
konsumen Demikian penjelasan singkat tentang proses pembuatan kolam koi
dari fiber, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat para penghobi ikan koi di
tanah air.
Tapi sangat disayangkan masih ada orang yang tega membajak karya design
kami tanpa sijin dan koordinasi dengan kami, bahkan banyak penjual
mengklaim bak fiber tersebut hasil rancangannya.
CARA MEMBUAT KAPAL FIBER
Kapal yang terbuat dari Fiberglass merupakan type kapal cepat ,
digunakan sebagai kapal Patroli, kapal pribadi, atau kapal untuk
transportasi laut atau sungai, karena bobot yang ringan dan cukup kuat,
sehingga kerja dari motor/mesin penggerak baling baling pendorong/kipas
bekerja secara maksimal,mesin kapal fiberglas menggunakan mesin diesel
yang diinstalasi didalam lambung kapal .atau mesin bensin tempel.
penjelasan fiberglass:
karena mengandalkan reaksi saja maka tidak memerlukan material yang
aneh (tahan temperature) saat mencetak, makanya cetakannnya (mold) bisa
apa ajah pada dasarnya bisa juga kayu atau plat, tapi klo untuk cetakan
membikin kapal sebaiknya digunakan dari kayu dengan teriplex disamping pleksible bahannya murah serta mudah didapat.
Sebelum memulai mempelajari cara membuat kapal dari bahan fiberglass,
sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu bahan bahan yang akan digunakan :
Bahan – Bahan :
1. Minyak Resin( epoxy resin ) : minyak resin bahan dasarnya terbuat dari minyak bumi dan residu tumbuhan
2. Katalis (catalis) : cairan kimia untuk campuran minyak resin supaya
terjadi pengerasan secara kimia atau sering juga di sebut hardener
Gambar : Katalis/Hardener
4. Mat/mesh (serat halus) : terbuat dari bahan polyester,berguna sebagi media lapisan permukaan sebuah plat fiber
5.Roving (serat kasar) : terbuat dari bahan polyester/epoxy,digunakan sebagi media
l apisan tengah dari plat fiberglass.
7. Cat Plincoat : digunakan untuk mewarnai sekaligus menghaluskan permukaan lambung kapal.
8. Bahan-Bahan pelengkap lainnya : seperti mesin penggerak kipas,dinamo
listik,alat nafigasi,alat komunikasi dan lain-lain sesuai kebutuhan.
Alat-alat yang digunakan :
1. Kuas Roll/dan Kuas Biasa
2. Mesin Gerinda
3. Mesin Mixer
4. Mesin Bor dan Ampelas
5. Perkakas kayu
Langkah- Langkah Pengerjaan Pembuatan Kapal dari Fiber:
1. Pertama kita buat dahulu mold (wadah cetak) sebuah lambung kapal
(sebaiknya dibuat di lokasi dekat laut/sungai besar) dengan kayu dan
teriplek seperti gambar no 1 (mold/cetakan)
2. Setelah mold (cetakan) selesai , terlebih dahulu permukaan dalam dari
mold (cetakan) dilumasi dahulu dengan polish untuk memudahkan pembukaan
mold setelah proses pembuatan kapal selesai , lalu cat dengan cat
plincoat sebagai proses pewarnaan lambung kapal ( warna cat disesuaikan
dengan keinginan), cat plincoat dihasilkan dari campuran talk, cat
acrilic serta minyak resin (dalam proses ini penggunaan katalis di
campur pada adonan cat plincoat pada saat digunakan saja / saat proses
pengejaan saja).
setelah
cat plincoat pada cetakan kering dan telah dihaluskan dengan amplas
disc dengan menggunakan gerinda, proses pembuatan lambung kapal pun siap
dimulai,lapisan pertama dengan balutan mat/mesh (serat halus) dan yg
kedua dengan roving (serat kasar) serta balutan terakhir dengan mat
lagi,semua lapisan balutan serat itu dilumuri/dicor dengan minyak resin
yang telah dicampur katalis dengan menggunakan kuas roll, takara
campuran minyak resin+katalis tergantung lamanya proses pengeringan yang
hendak diinginkan,contoh: 5 liter minyak resin dilaruti oleh 5 cc
cairan katalis memerlukan waktu pengeringan 3-5 menit(dengan asumis
cuaca cerah), ketebalan lambung kapal tergantung dari besar dan kecilnya
ukuran kapal yang dibuat ,semakin besar sebuah kapal harus semakin
tebal pula lambung kapalnya,spesifikasinya lapisan lambung kapal adalah
sbb : mat-roving-mat, proses pembuatan lambung kapal dikerjakan secara
kontinyu harus sekaligus jadi jangan di sambung kecuali untuk proses
penebalannya.
3.Setelah proses tahap no 2 selasai lambung kapal diberi tulang tulang
fiber untuk memberi kekuatan pada lambung kapal, selanjutnya kepada
tahap pembuatan ruangan-ruangan pada kapal sesuai dengan design gambar
yang dibuat dengan pembuatan kembali mold atau bisa juga dengan langsung
dibuat dengan plat fiber, pembuatan plat fiber maupun tulang fiber sama
dengan proses pembuatan lambung kapal tetapi mold (cetakan) sebuah flat
fiber bentuknya seperti sebuah lantai dan mold dari tulang fiber
bentuknya seperti tiang kayu.
c. seluruh permukaan cetakan dibalut dengan mat+woven dan di cat
(dicor)dengan resin yang sudah di campur katalis/hardener menggunakan
kuas roll/biasa.
e. pintu fibergalss sudah di lepas dari cetakannya dan bagain dalam dan pinggirnya siap dihaluskan dengan gerinda.
pertama-tama masternya dari tanah liat khusus, yang warnanya
abu-abu..bukan tanah liat buat keramik lho..tanah liat yang dipakai
untuk membuat model patung biasanya lebih liat dan gak mudah retak..
cetakan pada patung fiber terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan lentur (silicone rubber) dan lapisan keras (serat fiber)..
pada dasarnya cetakan patung terbuat dari bahan fiber dan serat, bahan
yang sama seperti yang digunakan sebagai bahan dasar patung (hasil
cetakan)..yang dioleskan lapisan perlapisan pada model..tapi..untuk
hasil yang lebih detail dan akurat gunakan silicone rubber atau cairan
sejenis karet sebagai lapisan pertamanya..ketika lapisan karet cukup
tebal lapisi kembali dengan cairan serat fiber yang berfungsi sebagai
cetakan…
setelah semua belahan diberi baut..buka kembali ikatan baut, kemudian lepaskan cetakan satu persatu dari model..
yang dimaksud dengan cetak penuh yaitu rangkaian cetakan yang telah
tersusun membentuk model tadi diisi penuh dengan cairan fiber melalui
satu bagian yang dilubangi pada cetakan..sedangkan yang dimaksud dengan
teknik cetak kopong yaitu dalam pembentukan patungnya cetakan dilapisi
fiber berlapis lapis yang kemudian dirangkai dengan lapisan fiber pada
cetakan yang lain..kemungkinan patung bergeser dari cetakan lebih
besar..tapi dengan teknik ini patung akan lebih kuat karena dapat kita
lapisi dengan serat pada proses cetaknya, dan juga lebih hemat bahan
terutama bagi yang menggunakan teknik cetak kopong..logika sangat berperan dalam proses cetak patung fiber…
CARA MEMBUAT TANGKI MOTOR DARI BAHAN FIBER
kali ini gw mau tulis selengkap mungkin proses apa aja yang udah
berlanjut termasuk tutorial singkat bagaimana buat cetak body dari
fiberberikut gambar-gambarnya. Detail bgt bro! (Hayoo..sapa bilang gak
bisa mirip & ga bisa detail?)
R6 Bodykit Set Tangki & Buntut atas dan penutupnya, siap dipasang di V-ixion
Nahh..yang ini tangki R6, 100% detail, pake tutup tangki Ninja.
Sexy banget buntut Yamaha R6. Ga sabar buat di pasang di Vixion
Nih..tangki R6 di Yamaha Vixion
Ok, kita mulai dengan “bagaimana cara cetak fiber” gw tau dah banyak
yang tau tp ini buat yang pingin tau sedikit dan cara gw ini mungkin
berbeda dengan cara yang sebenarnya karna gw juga belajar sendiri alias
otodidak.
1kg resin, catalyst, serat fiber (mat), kuas, sumpit buat ngaduk, mirror glaze dan mangkok kecil
karna ntar kuasnya gak kepake lagi), dan masking tape besar & kecil, sumpit buat ngaduk bisa minta ditukang mie ayam.
Debu & Serat fiber glass itu bisa buat loe gatel2x, sesak napas
kalau kehirup, jadi pastikan loe kerja di tempat yang terbuka dan kerja
serapih mungkin.
Kita pake tangki Vixion buat percobaan nyetaknya.
Tangki Vixion yang udah kita lapisin dengan masking tape.
Santai aja bungkus yang rapi. Siapin juga koran bekas buat lindungin bagian-bagian dr Vixion loe.
Gunting mat fiber menurut pola tangki yang sebelumnya kita buat dari potongan koran.
hasilnya pun bisa pecah-pecah.
kerapihan.
Ambil kuasnya trus oleskan resin secara merata ke permukaan tangki,
tipis aja gak apa karna fungsinya buat melekatkan mat fiber, ini layer
pertama.
Letakkan Mat fiber diatasnya, trus di ratain lagi pake resin dengan cara
tekan perlahan dengan kuas, bahasa ingrisnya “di totol totol” ..hhaha.
Lanjutkan semua proses sampai semua tertutup rapi dengan mat fiber, untuk hasil akhir fiber yang kuat bisa dipake 2-3 lapis mat…
Tunggu ampe kering, gw tinggal ke acara temen gw kawinan pulangnya dah bisa dibuka kira2x 4-5 jam.
Hasil cetakan fiber yang dah kering
Gunakan gunting untuk ngerapihin sisa-sisa fiber
Not Bad!. Gunting untuk meratakan dan merapikan sisa-sisa fiberglass
yang ikut mengeras pada samping tangki. Tangki dan buntut belakang R6 gw
dah jadi, berikut gambar-gambarnya. Detail bgt bro! (Hayoo..sapa bilang
gak bisa mirip & ga bisa detail?)
No comments:
Write comments