Wednesday, June 25, 2014

Ondel-Ondel Laris Saat HUT DKI Jakarta

Ondel-Ondelku.Blogspot.com, Jakarta: Salah satu kesenian Betawi yang masih bertahan adalah ondel-ondel. Saat perayaan HUT Jakarta, mereka pun panen order. Lihat saja Sanggar Betawi Rifky Albani Meruya Jakarta Barat yang sudah 2 tahun didirikan Oleh Martyn Maulia yang memimpin sanggar seni budaya betawi tersebut bersama sejumlah pemuda tetangganya di kawasan Meruya Utara Kembangan, Jakarta Barat.

Lewat kelompok ondel-ondel, sebagai orang Betawi, Martyn memberdayakan generasi muda. Kelompok yang beranggotakan 12 orang ini ngamen keliling kota dengan penghasilan sekitar Rp 800 ribu hingga Rp. 2 juta rupiah per hari. Bagi anggota yang masih sekolah, penghasilan ini menjadi tambahan uang jajan yang menggiurkan dan bisa membantu orang tua meringankan beban sekolah.

Jelang perayaan HUT DKI Jakarta biasanya jadwal manggung dan pesanan pembuatan ondel-ondel di sanggar sangat padat. Tahun ini, kurang lebih 40 pasang ondel-ondel telah disewa dan dibeli dengan tarif mulai dari Rp 800 ribu perhari untuk sewa dan Rp. 4 juta untuk pembelian sepasang ondel-ondel besar. Sementara jika manggung lengkap dengan musik dibandrol Rp. 2,5 juta, sedangkan untuk kembang kelapa dibandrol Rp. 100 ribu per tiang.

HUT DKI Jakarta dianggapnya sebagai lebarannya ondel-ondel bukan hanya dalam kota sanggar Rifky albani telah mengirim pesanan keberbagai daerah bahkan kedutaan RI di Jerman pun telah dikirimnya sesuai dengan permintaan warna baju dan model wajah yang dipesan.

No comments:
Write comments


Alamat: Jl. Kartika Rt.003/004 Kel. Meruya Utara Kec. Kembangan Jakarta Barat
Telp: 089681459444
Hp : 089602670520
IG :SanggarBetawiRifkyAlbani

Top Artikel

Gallery

wa