Thursday, March 6, 2014

Cara Membuat Topeng Ondel-Ondel

Banyak cara untuk membuat topeng / kedok ondel-ondel dengan berbagai jenis bahan mulai dari kayu, fiberglass, bubur kertas dan streaform disini saya akan memberikan cara membuat topeng menggunakan bahan dasar fiberglass karena dengan bahan ini akan lebih mudah dipelajari tanpa harus menguasai tehnik ukir jika menggunakan bahan dasar kayu.



BAHAN - BAHAN :
1. Resin. Ini buat bahan utamanya, ibarat bikin beton resin itu kayak semennya. Berbentuk cair warna merah.
2. Mat. Kalo yang ini yang bentuknya serat-serat putih itu loh…
3. Katalis. Ini bahan campuran resin yang berfungsi memperkeras resin.
4. Talk. Tugasnya ngebikin hasil akhir lebih keras dan kaku.
Langkah pertama adalah nentuin apa yang mau kita bikin dengan fiberglass. Ya iyalah harus tau kita mau bikin apa! Maksudnya kita bikin dulu cetakan Muka atau wajah ondel-ondel untuk saat ini saya menggunakan lilin mainan karena lebih mudah untuk dibentuk untuk lebih mudahnya anda bisa menambahkan campuran minyak sayur agar lilin mainan lebih lembut. Sebelum bikin cetakan, harus udah ditentuin model yang kita mau. Model itu bisa dari kreasi sendiri atau niru model topeng ondel-ondel  yang udah ada. Kalo mau lebih sip dari model yang kita mau bisa dibikin lebih enak dibuat master nya dulu kalo saya selalu menggunakan silicon ruber karena lebih awet dan ga mesti pakai miror glaze sehingga lebih mudah untuk dilepas.

Setelah cetakan terbentuk, langsung ke proses eksekusi. Tutupin bagian cetakan yang sekiranya bakal ketetesan resin pake kertas bekas. Bahaya nih kalo sampe nempel ke bagian fiber lain bakalan susah banget diilangin bahkan mesti digerinda loh! Makanya mesti ati-ati banget biar tetep aman…
Kalo udah, siapin bahan-bahan yang tadi udah disebutin ditambah alat-alat pendukung lain kayak kuas, gelas air mineral, pengaduk, dan kalo perlu sarung tangan buat ngehindarin gatelnya mat fiber. Racik bahan-bahan itu. Komposisinya setengah gelas resin ditambah talk kira-kira perbandingan 1:1. Diaduk-aduk trus ditambahin lagi katalis sekitar 10-12 tetes. Jangan kebanyakan katalis karena bisa kecepetan kerasny tuh adonan. Aduk lagi deh ampe rata.
Mari membuat lapisan pertama. Pastikan permukaan bersih. Kalo perlu bisa ditambahin/dilapisin Mirror Glaze Mold Release jika cetakan anda langsung pada fiberglass biar ntar gampang dilepasnya tuh cetakan.
Olesin adonan “bubur” tadi pake kuas di cetakan body. Kamu punya waktu kira-kira 30 menit sebelum adonan itu keras. Tapi nyantai aja yang penting rapi dan rata. Setelah 1 lapis selesai, biarin dulu 10 menit sampe agak kering dikit terus ditempelelin tuh matnya cukup 1 lapis tiap bagian. Setelah semua dilapisin mat, olesin lagi pake adonan resin tadi. Tunggu 1 lapisan ini agak kering.
Buat lapisan kedua dan seterusnya adonan yang dipake cukup resin + katalis aja karena kalo pake talk lagi, hasil akhirnya bakal terlalu berat. Lagian Lapisan pertama yang pake talk itu udah cukup buat semacam “pondasi”. Nah karena udah ada pondasinya, lapisan berikut cukup dilapis batu bata dan semen, eh maksudnya mat dan resin+katalis. Buat komposisi tetep sama, setengah gelas resin ditambah 10-12 tetes katalis.
Langsung aja lapisan kedua dibikin. Tampelin mat merata ke semua sisi. Olesin lagi pake adonan resin+katalis sampe merata. Kita bisa bikin sampai kira-kira 3 lapis mat. Gak terlalu tebal tapi udah cukup kuat. Tunggu sampai semua bener-bener kering sekitar 6-8 jam. Lalu pisahin dari cetakan deh. Gimana hasilnya?
cara 1 lagi gan..
Cara ngebuat Fiberglass dan formulanya
Selama ini mungkin kalian belum tau cara nya, gw cuma bisa kasih pengalaman yang udah gw pelajari sehingga saya dapat menikmati barang-barang dari Fiberglass tapi kalo sudah bisa jangan suka cetak punya orang lain yah karena kreatifitas mu ga akan nambah loch. . Semoga membantu…

No comments:
Write comments


Alamat: Jl. Kartika Rt.003/004 Kel. Meruya Utara Kec. Kembangan Jakarta Barat
Telp: 089681459444
Hp : 089602670520
IG :SanggarBetawiRifkyAlbani

Top Artikel

Gallery

wa