Thursday, February 8, 2018

Cara Mencetak Topeng Ondel-Ondel

Untuk mencetak topeng ondel-ondel langkah pertama yang dibutuhkan adalah model atau topeng master yang akan dibuat cetakannya sebagai molding, alangkah baiknya lagi master topeng tersebut anda buat langsung menggunakan tanah liat, kayu, atau clay sebagai model sesuai dengan keinginan anda.

Disini kami akan berbagi tips cara mudah mencetak topeng ondel-ondel dengan bahan fiberglass. Langkah pertama adalah siapkan dulu bahan-bahannya sebagai acuan fiberglass terdiri dari bahan baku Resin, Mat, Catalys dan Talk sebagai campuran untuk mencetak model topeng ondel-ondel.

1. Langkah pembuatan cetakan
pertama kalian oleskan model cetakan dengan menggunakan pelapis agar tidak menempel dan mudah dilepaskan bahan tersebut adalah Mirror Glaze bahan ini dapat anda beli ditoko bahan kimia langganan anda.

2. Membuat adonan Fiberglass
Buatlah adonan fiberglass dengan cara mencampurkan resin secukupnya dengan catalys perbandingan 10:1 dimana 10 tetes resin sama dengan 1 tetes catalys berarti jika anda membuat adonan dengan resin 1Kg catalys yang digunakan adalah 10 ml aduk rata kemudian tambahkan talk agar tidak terlalu encer untuk adonan talk tersebut anda dapat menyesuaikannya.

3. Mulai membuat cetakan
Kemudian tuangkan adonan yang telah anda buat ke model topeng yang akan anda buat cetakannya secara merata, kemudian tunggu hingga kering, lakukan langkah ini sebanyak 2x lalu letakan mat/serabut kaca secara merata hingga menutupi area topeng masteran kemudian buatlah adonan fiberglass lagi lalu tuangkan sambil ditekan dengan kuas agar menempel pada adonan sebelumnya, lakukan langkah ini sebanyak 2x dan setiap ingin mengulang tunggulah hingga kering tebal atau tidaknya cetakanan sesuai berapa kali anda mengulang langkah tersebut semakin banyak anda mengulangnya semakin tebal hasil cetakannya.



setelah langkah diatas selesai tunggulah beberapa jam hingga benar benar kering lalu pisahkan topeng master tersebut dari cetakan fiberglass yang telah anda buat dengan cara perlahan menggunakan alat yang tipis kuat dan lentur seperti penggaris besi atau sebagainya, setelah dipisahkan lalu rapihkan pinggir cetakan dengan gerinda atau gergaji besi, maka cetakan siap digunakan.

No comments:
Write comments


Alamat: Jl. Kartika Rt.003/004 Kel. Meruya Utara Kec. Kembangan Jakarta Barat
Telp: 089681459444
Hp : 089602670520
IG :SanggarBetawiRifkyAlbani

Top Artikel

Gallery

wa